14 May 2024

SMKN 1 Tangerang

Jl. Perintis Kemerdekaan 2, Kompleks Pendidikan Cikokol

Pelaksanaan ANBK 2023

 

 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK dilaksanakan dengan 3 instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. AKM digunakan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) para siswa.

Sementara survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Adapun survei lingkungan belajar untuk mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

ANBK di SMKN 1 Tangerang dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2023 dan memilih Moda Online dengan 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 peserta cadangan serta pengawas yang dari SMK Panca Karya yaitu ibu Fitri Roeri Z,M. Pd dan ibu  Ernawati, S. Pd.  Pelaksanaan ANBK tahun 2023 berlangsung dengan baik tanpa ada kendala berarti para peserta mengerjakan soal yang diberikan dengan serius.